Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 08 Januari 2010

DIY Harus Lebih Gencar Promosikan Pariwisata



(istimewa)

INILAH.COM, Yogyakarta - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2010 harus lebih gencar mempromosikan pariwisata daerahnya, baik di dalam maupun luar negeri agar kunjungan wisatawan meningkat.

"Promosi selain bertujuan mengenalkan kembali objek wisata yang ada baik kepada wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman), juga untuk meningkatkan citra pariwisata DIY sebagai destinasi pariwisata unggulan," kata Ketua Forum Silaturahmi Insan Pariwisata (Fosipa) Sarbini. di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, meskipun DIY sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata unggulan, namun promosi pariwisata harus tetap dilakukan dan ditingkatkan guna menarik minat wisatawan mengunjungi daerah ini.

"Tanpa ada promosi, DIY sebagai tujuan wisata bisa ditinggalkan dan dilupakan, apalagi daerah tujuan wisata lain di Indonesia sedang berupaya menggencarkan promosinya di dalam maupun di luar negeri," katanya.

Ia mengatakan promosi pariwisata tidak bisa hanya dilakukan pemerintah provinsi, tetapi hendaknya juga diprakarsai seluruh pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini.

Menurut Sarbini, promosi sangat membantu pemulihan citra pariwisata daerah ini, dan diharapkan mampu mengundang wisman maupun wisnus untuk mengunjungi DIY.

Ia mengatakan para pelaku usaha pariwisata di daerah ini tetap optimistis kunjungan wisatawan akan semakin meningkat di masa mendatang, apalagi DIY dikenal sebagai wilayah yang aman dan nyaman.

"Jadi, saya kira di masa mendatang wisman tetap banyak yang berkunjung ke Yogyakarta," katanya.

Menurut dia, wisman masih tertarik dengan objek wisata yang unik dan objek wisata yang memiliki nilai tradisional dan budaya, seperti yang masih bertahan dan hidup di tengah masyarakat daerah ini.

"DIY memiliki ragam seni dan budaya lokal yang menjadi potensi pariwisata, dan oleh karena itu perlu optimalisasi objek wisata agar memberi daya tarik kepada wisman yang berkunjung ke daerah ini," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan para pemangku kepentingan pariwisata lainnya perlu meningkatkan promosi, baik di saat sepi maupun ramai kunjungan wisatawan, sehingga objek wisata yang ada bisa lebih dikenal. [*/mor]

sumber: inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar